SOAL LATIHAN PENILAIAN HASIL BELAJAR
SOAL NO. 1
Setelah
dilaksanakan tes dalam mata pelajaran IPS kepada 10 orang siswa SMP, maka
diperoleh hasil tes seperti yang tercantum pada tabel di bawah ini. Lakukanlah
penganalisisan guna menentukan reliabilitas tes tersebut. Berikanlah
interpretasi terhadap hasil pengujian yang telah dilakukan.
No.
|
Nama
|
Nomor Item
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
A
|
6
|
7
|
3
|
8
|
7
|
2
|
B
|
9
|
4
|
7
|
3
|
6
|
3
|
C
|
3
|
8
|
3
|
6
|
4
|
4
|
D
|
6
|
6
|
4
|
8
|
5
|
5
|
E
|
7
|
3
|
6
|
4
|
8
|
6
|
F
|
4
|
9
|
8
|
5
|
3
|
7
|
G
|
3
|
5
|
4
|
7
|
4
|
8
|
H
|
8
|
3
|
6
|
3
|
5
|
9
|
I
|
4
|
9
|
8
|
7
|
8
|
10
|
J
|
3
|
5
|
3
|
5
|
3
|
SOAL NO. 2
Berikut ini adalah skor-skor jawaban item tes hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan yang diikuti oleh 10 orang siswa SMK dengan menyajikan 10 butir soal bentuk Multiple Choice Item.
Diminta:
a. Hitunglah
reliabilitas tes tersebut dengan jalan:
1)
Menggunakan
formula Spearman Brown model item gasal dan item genap.
2)
Menggunakan
formula KR 20.
b. Lakukanlah penganalisisan beserta interpretasinya
terhadap semua item tes hasil belajar di atas ditinjau dari segi :
1)
Derajat
kesukarannya
2)
Daya
pembedanya
3)
Fungsi
distraktornya
Gunakan
masing-masingnya 1 rumus yang sesuai
Nama
Siswa
|
Skor item
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
A
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
B
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
C
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
D
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
E
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
F
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
G
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
H
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
I
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
J
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
Lanjut ke soal no. 3....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar