FAKULTAS EKONOMI UNP

FAKULTAS EKONOMI UNP

Selasa, 25 Maret 2014

BAHAN DISKUSI PHB "UJI VALIDITAS TES"

SOAL :
  1. Apakah yang dimaksud dengan tes yang valid? 
  2. Jelaskanlah tes seperti apa yang dikatakan telah valid secara validitas isi. 
  3. a. Jelaskanlah tes seperti apa yang dikatakan telah valid secara validitas construct.b. Dimanakah kita bisa membuktikan bahwa seperangkat tes telah memiliki validitas isi dan validitas construct. 
  4. apakah yang dimaksud dengan validitas empiris dan apa bedanya dengan validitas rasional? 
  5. Pelajari bagan tentang validitas tes dan validitas item pada halaman 191 yang merupakan peta konsep dari bab ini. 
  6. Hasil ulangan siswa SMA BUDI UTOMO yang telah dilaksanakan 2 kali adalah seperti tabel di bawah. Analisislah hasil tes tersebut, apakah telah memiliki validitas bandingan (concurrent validity) seperti yang diharapkan. Lakukan interpretasi melalui r tabel product moment.
    No.
    Nama
    X
    Y
    1
    Erik
    5,5
    5,1
    2
    Helmi
    6,5
    6
    3
    Insan
    6
    7
    4
    Hely
    6
    6,2
    5
    Rani
    6,5
    6,3
    6
    Stephy
    7,5
    7,2
    7
    Gugun
    7
    6,5
    8
    Jerry
    7
    6,8
    9
    Hesty
    7
    6,8
    10
    Clara
    6
    5,9

Minggu, 23 Maret 2014

INFORMASI UJIAN MID SEMESTER PPE

SESUAI DENGAN JADWAL DI SILABUS, SENIN INI UNTUK MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN EKONOMI AKAN DILAKSANAKAN UJIAN MID SEMESTER.
DIHARAPKAN KEPADA SELURUH MAHASISWA UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI UJIAN.

Rabu, 12 Maret 2014

BAHAN PERENC. PENGAJARAN BAGIAN 9


PEMBELAJARAN PENGAYAAN dan REMEDIAL
Pertanyaan Diskusi

  1. Jelaskanlah konsep pembelajaran menurut SNP.
  2. Berikan penjelasan mengenai hakikat pembelajaran pengayaan.
  3. Terdapat 3 jenis pembelajaran pengayaan. Berikan Penjelasan masing-masingnya.
  4. Sebelum melaksanakan program pengayaan,perlu diidentifikasi kelebihan kemampuan belajar peserta didi. Berikan penjelasan mengenai hal ini.
  5. Jelaskanlah bentuk-bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan.
  6. Jelaskanlah bentuk-bentuk pelaksanan pembelajaran remedial yang bisa dilakukan.
Catt:
1. Tambah bacaan anda mengenai Program Remedial..
2.  Cari contoh / bentuk format program remedial dan program pengayaan

Minggu, 09 Maret 2014

Bahan Untuk Penilaian Hasil Belajar Bab 4

Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk bisa membuat soal..
  1. Baca dan pelajari dengan baik materi pada Bab 4 mengenai Teknik Penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar. Pada saat perkuliahan akan di adakan terlebih dahulu tanya jawab sebelum mulai membuat soal. diharapkan untuk dapat mempersiapkan diri sehingga bisa menjawab soal-soal yang ditanyakan tentang bab 4. Banyak membaca dan pahami maksudnya.. Membaca pemahaman, bukan membaca hafalan...
  2. Terkait dengan tugas membuat soal, akan diinformasikan pada saat kuliah. Mengerjakan bersama kelompok. 1 kelompok terdiri dari 3 orang, bila tidak mencukupi, maka boleh 1 atau 2 kelompok yang jumlah anggotanya 4 orang. Pembagian anggota kelompok diatur berdasarkan absen
  3. Materi yang akan dibuatkan soalnya adalah materi pada buku Pengantar Evaluasi Pendidikan pada bab 1 s/d bab 3.

Jumat, 07 Maret 2014

Bahan Diskusi PPE Bagian 8

PENGEMBANGAN MUATAN LOKAL 
  1. Jelaskan mengapa muatan lokal dimasukkan menjadi bagian dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 
  2. Konsep pengembangan muatan lokal perlu memperhatikan potensi daerah yang meliputi; 1) SDA, 2) SDM, 3) Geografis, 4) Budaya & Historis. Berikan penjelasan anda tentang hal ini. 
  3. Jelaskanlah acuan pengembangan Muatan Lokal yang dapat dikembangkan untuk satuan pendidikan tingkat SMA. 
  4. Penyusunan muatan lokal terdiri atas 4 langkah. Berikan penjelasan tentang langkah-langkah tersebut. 
  5. Berikan penjelasan tentang rambu-rambu pengembangan Muatan Lokal. 
  6. Apasajakah pelajaran dalam Muatan Lokal yang pernah anda dapatkan sewaktu sekolah dulu (SMP dan SMA). Dan menurut anda mengapa mata pelajaran itu yang dipilih.

Sabtu, 01 Maret 2014

BAHAN DISKUSI PPE "Pengembangan Bahan Ajar"



Pertanyaan Diskusi Topik “Pengembangan Bahan Ajar”

1.       Jelaskanlah perbedaan antara sumber belajar dan bahan ajar. Lengkapi dengan contoh.
2.       Berikan penjelasan mengenai fungsi bahan ajar.
3.       Jelaskanlah mengapa guru perlu mengembangkan bahan ajar.
4.       Apakah yang menjadi tujuan dan manfaat penyusunan bahan ajar.
5.       Apasajakah yang menjadi prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar.
6.       Berikan penjelasan tentang apasaja yang termasuk ke dalam bahan ajar cetak.
7.       Berikan contoh penyusunan peta bahan ajar mata pelajaran ekonomi. Silahkan pilih salah satu SK dan KD dari Mata Pelajaran Ekonomi SMP atau SMA/SMK.
8.       Apasajakah yang perlu diperhatikan dalam penyusunan bahan ajar cetak.