FAKULTAS EKONOMI UNP

FAKULTAS EKONOMI UNP

Selasa, 18 Februari 2014

SOAL DISKUSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN EKONOMI (BAGIAN 6 "MATERI PEMBELAJARAN")



SOAL:
   1.       Berikan penjelasan mengapa materi pembelajaran menempati posisi yang penting dari keseluruhan kurikulum.
   2.       Jelaskanlah jenis-jenis materi pembelajaran
   3.       Berikan penjelasan mengenai prinsip-prinsip pengembangan materi.
   4.       Jelaskanlah hal-hal yang harus dipertimbangkan guru dalam pengembangan materi pembelajaran.
   5.       Berikan penjelasan tentang penentuan cakupan materi pembelajaran.
   6.       Dalam mengurutkan materi pembelajaran terdapat 2 pendekatan pokok yang bisa dilakukan yaitu pendekatan prosedural dan pendekatan hierarkis. Jelaskanlah pendekatan tersebut disertai contoh dalam mata kuliah yang pernah anda ikuti.
   7.       Langkah-langkah penentuan materi pembelajaran terdiri atas:
          a.       Identifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar
          b.      Identifikasi jenis-jenis materi pembelajaran
  Jelaskanlah secara singkat langkah-langkah tersebut.
   8.       Berikan penjelasan mengenai 2 strategi urutan penyampaian.
   9.       Strategi penyampaian jenis-jenis materi terdiri atas:
          a.       Strategi penyampaian fakta
          b.      Strategi penyampaian konsep
          c.       Strategi penyampaian materi pembelajaran prinsip
          d.      Strategi penyampaian prosedur
          e.      Strategi penyampaian materi aspek sikap (afektif)
  Berikan penjelasan mengenai strategi tersebut.
   10.   Secara khusus dalam belajar, kegiatan peserta didik dapat dikelompokkan menjadi Menghafal, Menggunakan/mengaplikasi, Menemukan dan Memilih. Berikan penjelasan anda tentang hal tersebut.


PERTANYAAN DISKUSI MK. PHB BAB 2


SOAL :
  1. Jelaskanlah prinsip-prinsip dasar evaluasi hasil belajar.
  2. Jelaskanlah ciri-ciri evaluasi hasil belajar.
  3. Apasajakah sumber kekeliruan yang akan mungkin terjadi dalam melakukan evaluasi hasil belajar. Gambarkan dalam bentuk matrik.
  4. Uraikan tingkatan / jenjang dalam ranah kognitif beserta penjelasannya
  5. Uraikan tingkatan / jenjang dalam ranah afektif beserta penjelasannya
  6. Uraikan tingkatan / jenjang dalam ranah psikomotor beserta penjelasannya
  7. Jelaskanlah langkah-langkah pokok dalam mengevaluasi hasil belajar

CATT.
Mahasiswa akan diminta ke depan kelas untuk "menjelaskan" jawaban dari soal-soal diatas secara bergiliran. Untuk yang akan tampil, akan di panggil nomor absennya secara acak...

Senin, 10 Februari 2014

SOAL DISKUSI PERENCANAAN PEMBEL EKO.

PERTANYAAN DISKUSI
  1. Terdapat 14 prinsip pembelajaran yang dituangkan dalam Salinan lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. a) Jelaskanlah prinsip 1 – 7, b. Jelaskanlah prinsip 8 - 14
  2. Jelaskanlah perbedaan antara silabus dan RPP
  3. Landasan dalam pengembangan kurikulum 2013 terdiri dari :a) Landasan yuridis,b) Landasan filosofis, c) Landasan teoritis, dand) Landasan empiris. Jelaskanlah masing-masing landasan tersebut.
  4. Apa sajakan yang membedakan prinsip pengembangan kurikulum KTSP dengan prinsip pengembangan Kurikulum 2013.
  5. Jelaskanlah perbedaan yang esensial antara KTSP dengan Kurikulum 2013.



Untuk rujukan tambahan bisa menggunakan :
  1. Permen No. 65 tahun 2013
  2. Dokumen Kurikulum 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2012
  3. Dan lain-lain yang relevan

Kamis, 06 Februari 2014

SILABUS PENILAIAN HASIL BELAJAR



SILABUS MATA KULIAH


Nama Mata Kuliah                  : Penilaian Hasil Belajar Ekonomi
Bobot Mata Kuliah                 : 3 sks
Program Studi                         : Pendidikan Ekonomi
Semester                                  : Januari – Juni 2014
Dosen                                      : Armiati, S.Pd, M.Pd
                                               


Kompetensi Utama                              

:  Setelah mengikuti mata kuliah  ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep-konsep evaluasi hasil belajar dan membuat desain evaluasi pembelajaran.

Mata Kuliah Prasyarat

:  Statistik 1


GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN


Minggu ke
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Sumber
Waktu
1
Pendahuluan

-      Kontrak Perkuliahan
-      Tinjauan Umum Mata Kuliah
Silabus
1x3x50
2
Konsep Dasar Evaluasi

-      Evaluasi dan evaluasi pendidikan
-      Pengukuran dan Penilaian
Bab 1
1x3x50
3
Teknik Evaluasi Hasil Belajar
-      Prinsip dasar evaluasi hasil belajar
-      Ciri-ciri evaluasi hasil belajar
-      Ranah Taksonomi Bloom
-      Teknik-teknik evaluasi hasil belajar di sekolah
Bab 2
1x3x50
4
Teknik  tes dan Non tes

-      Teknik Tes
-      Teknik Non Tes
Bab 3
1x3x50
5
Teknik Penyusunan dan Pelaksanaan tes hasil Belajar
-      Ciri-ciri tes hasil belajar yang baik
-      Prinsip dasar penyusunan tes hasil belajar
-      Bentuk-bentuk tes hasil belajar dan teknik penyusunannya
-      Teknik pelaksanaan tes hasil belajar
Bab 4
1x3x50
6-7
Validitas Tes

-      Pengertian Validitas Tes
-      Validitas secara rasional
-      Validitas secara empiris
-      Validitas item soal
Bab 5
2x3x50
8-9
Reliabilitas Tes

-      Pengertian Reliabilitas Tes
-      Pengujian Reliabilitas Tes Uraian
-      Pengujian Reliabilitas Tes Obyektif
Bab 6
2x3x50
10
Ujian Mid Semester
11-12
Teknik Pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan hasil tes hasil belajar

-      Pemeriksaan Tes
-      Pemberian Skor
-      Pengolahan Skor
-      Penentuan nilai dengan PAN & PAP
Bab 7
2x3x50
13-14
Analisis Butir Soal

-      Tingkat Kesukaran Soal
-      Tingkat Diskriminasi
-      Efektifitas Pengecoh
Bab 8
2x3x50
15
Teknik Penentuan Nilai akhir, penyusunan rangkin da pembuatan profil prestasi belajar
-      Teknik Penentuan nilai akhir
-      Teknik Penyusunan rangking

Bab 9
1x3x50
16
Ujian Akhir Semester Semester

Referensi Utama:
1.      Sudjiono, Anas (2003). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Referensi Tambahan :
1.      Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi) Jakarta : Bumi Aksara.
2.      Gronlund, Norman E. (1985). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Mc. Millan Publishing Co.
3.      Popham, W. James. (1981). Modern Educational Measurement. Englewood: Prentice Hall Inc.
4.      Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya
5.      Surapranata, Sumarna (2004). Penilaian Portofolio. Bandung : Rosda
6.      Situs-situs internet pendukung seperti www.edu.co.id dan situs internet lain yang relevan.